Beranda > Balikpapan Blogger, fandiewardhana2011 > Kompasiana Blogshop Balikpapan Part 2 ( Kiat Menulis Cepat dan Menarik with Pepih Nugraha)

Kompasiana Blogshop Balikpapan Part 2 ( Kiat Menulis Cepat dan Menarik with Pepih Nugraha)

Pemandangan dari ruangan event Kompasiana Blogshop Balikpapan
Salam Blogger! Sesuai dengan janji saya, saya akanmenceritakan dan membagikan apa saja kiat-kiat menulis cepat dan menarik dariOm Pepih Nugraha. Ini adalah bagian penting dari bagian yang di tunggu.
Apakah menulis itu susah? Ada masalah dengan menulis? Nah,Om Pepih membagikan ini kepada semua temen2 yang hadir di Blogshop. Masalahtentang itu semua juga di bagikan sama Om Pepih Nugraha. Wah, ini point menulissaya bagikan. Enggak apa-apa, saya ikhlas. Yang penting kita semua bisa menjadipenulis yang bener-bener penulis.
Problem yang pertama mungkin anda merasa tulisan anda jelek.Sebelumnya  saya mau memberikan patokan.Setiap orang pernah memiliki kesalahan, dan biasanya kesalahan atau kegagalanitu adalah awal mula dari kemenangan. Bener nggak? Jadi biarlah anda menganggaptulisan anda jelek. Tapi, buktikan kepada dunia kalau suatu saat tulisan andaakan di sukai banyak orang.
Problem yang kedua dan yang ketiga berhubungan dengan ide.Apakah anda tahu apa maksud dari ide itu yang sesungguhnya? Ide itu adalahbagian dari sesuatu yang keluar dan muncul dari pikiran kita. Anda bikin statusdi FB misalnya, masa itu bukan ide namanya? Jadi, ide dapat keluar dimana aja.Jika anda juga susah memulai tulisan padahal ide itu ada, bertanyalah pada dirianda sendiri dengan ide itu. Apa sih ide anda? apa sih yang berhubungan denganide anda? dari sini saya yakin akan dapat memulai tulisan anda dengan gampangdan mudah. Saya sudah mencobanya. Satu kalimat dari saya, your idea is your self.
Yang keempat mungkin anda menganggap diri anda sendiri itutidak bisa menulis. Itu bohong! Apa alasan anda untuk mengungkapkan diri andatidak bisa menulis? Bukankah solusinya sudah saya jelaskan di ketiga problem diatas?
Nah, jika anda sudah siap untuk menulis saya akan memberikantips yang di sampaikan Om Pepih pada sesi kedua Kompasiana Blogshop yangberlangsung di lantai 9 Hotel Pacific Balikpapan.
Yang pertama gimana sih biar cepet nulis? Tulis apa yanganda suka. Misalnya anda suka politik, kenapa nggak kita bahas masalah Nazaruddin?Kalaupun anda tidak suka politik., tulis apa yang anda kuasai. Anda seorangpenggemar IT? Atau anda seorang olahragawan? Kenapa tidak anda jadikan tulisan?Anda malas membahasnya? Tulis apa saja yang terlintas di kepala anda. Iniadalah yang pasti ada. Jika anda masih menganggap dengan ini anda tidak bisamenulis, maka saya bisa menilai anda sebagai orang yang kerjaannya hanya tidurseharian.hehee.
Next, jangan terpaku judul. Tulis saja apa yang anda tulis. Judulbisa kapan aja. Belakangan juga boleh. Yang terpenting tulisan anda sudah adadan siap untuk anda publish-kan kepembaca. Namun ada hal yang harus di perhatikan saat menulis. Jangan menulis/editdi kepala, tuangkan saja apa yang ada. Toh kita masih bisa edit di akhirnyasebelum kita publih tulisan. Bener nggak?Terus, jangan baca tulisan berulang-ulang, selesaikan saja tulisan anda. itubisa mengganggu konsentrasi anda dalam menulis. Bahkan itu bisa membuyarkan ideyang terlintas dalam fikiran anda.
Selanjutnya, jangan terlalu terpaku pada buku, pendapat andasaja. Ingat, menulis itu tidak akan enak jika itu bukanlah hasil kita. Menulis itutidak akan nikmat jika tulisan anda itu hanyalah kutipan belaka. Sama sepertikita bekerja, bagaimana rasanya makan gajih buta? Kerja aja enggak duit didepan mata. Walaupun tulisan anda banyak pembacanya, kalau itu hanya kutipanatau pembaruan dari data yang anda punya itu tidak akan berharga. Bukannya sayamenyalahkan anda untuk membaca. Namun, bisakah itu di jadikan sebuah motivasiuntuk anda memikirkan “apakah anda yakindengan ini?”
Yang ini mungkin kalian punya cara masing. Dan tahu bagaimana harus melakukannya. Judul. Gimana sih biar judul menarik? Buatlah judulyang unik, agar pembaca ingin mengetahui isinya. Judul boleh nyeleneh, tapijangan coba-coba ngawur dalam menuliskan judul. Agak menggelitik lah, agarmenarik perhatian pembaca. Judul itu gak perlu panjang sepanjang jalan. Cukuplahuntuk di baca dengan 1 hela nafas. Jangan lupa juga, judul itu menggambarkanisi.
Terus Teaser kita sebut aja penggoda, taruh aja di paragrafpertama, sebagai makanan pembuka. Namun membuat pembaca semakin lapar ketikamembacanya. Semakin ingin membaca lebih jauh. Teaser harus bisa membetotperhatian. Agar si pembaca tambah lapar. Bolehlah di sisipkan sedikit puisi,queto atau petikan. Itu bisa membantu namun harus tepat pada isi postingannya.
Untuk body, bertuturlah runtut jangan acak-acakan. Atau bosojowone amburadul. Gunakan bahasa yang sederhana. Jangan terlalu banyak istilahdeh kalau perlu. Kasian yang baca. muatlah fakta/data di setiap tulisan anda,sisipkan sedikit anekdot, lucu agar tidak terlalu terpaku dengan apa yang andatulis. Dan agar si pembaca ringan menerima tulisan anda. yang terakhir jadilahdiri sendiri di tulisan anda.
Penutup, kalian pasti bisa ngebayangin. Kesimpulan, pantunjuga boleh.jangan lupa klimaks-nyaharus kuat dengan apa yang anda tulis. Paling tidak berhubungan dengan tagline lah. Siap!
Tulisan bermanfaat harus informative. Dan itu wajib. Sharingpengalaman juga bermanfaat lho? Tapi asal mencerahkan. Dan dengan kata kuncimenulislah untuk pembaca.
Sebelum saya menyudahi artikel yang satu ini, saya kembaliakan menyampaikan bahwa saya akan menulis tentang Tips dan Trik menulis novel yangdi berikan Om Pepih Nugraha.
Terimakasih dan salam blogger Kompasianer Balikpapan.
  1. September 28, 2011 pukul 12:04 AM

    Keren asli Ulasanya *jempol*

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: