Beranda > Balikpapan Blogger, fandiewardhana2011 > Kompasiana Blogshop Balikpapan Part.1 ( Fungsi dan Tujuan Social Blogging with Iskandar Zulkarnaen)

Kompasiana Blogshop Balikpapan Part.1 ( Fungsi dan Tujuan Social Blogging with Iskandar Zulkarnaen)

Assalamualaikum, bagi anda yang kemaren tidak bisa hadirdalam event Kompasiana Blogshop jangan takut. Hari ini saya akan membahastentang event Kompasiana yang di adakan di Hotel Pacific Balikpapan ini denganjelas. Mohon bagi teman2 yang hadir, jika ada kekeliruan tentang apa yang sayasampaikan harap masukannya.

Kompasiana adalah social blogging asli Indonesia. Dari namanyamungkin anda sudah mengetahui kalau Kompasiana adalah bagian dari Kompas. Jadi,Kompasiana juga akan memberikan info kepada kita. Tapi info yang kita perolehberasal langsung dari orang yang berasal dari golongan seperti kita. Ini membuktikanbahwa apa yang kita baca bukanlah hasil tulisan dari para editor atau hasilwawancara wartawan. Ini adalah hasil dari orang yang sama seperti kita.

Ini mungkin akan menjadi pengalaman yang dapat saya bagikepada anda. Di event kali ini, Kompasiana menghadirkan Editor Kompasiana,Iskandar Zulkarnaen sebagai penyampai materi bersama seseorang yang sayabingung harus manggil apa. Mungkin Om Pepih Nugraha aja. Beliau adalah SeniorReporternya Kompas. Jadi acara ini nggak main-main. Bahwa Kompasiana siapmemberikan yang terbaik kepada Kompasianer (Sebutan Blogger-nya Kompasiana ).

Pada sesi pertama, mas Iskandar menjelaskan apa sihfungsinya Kompasiana sebagai Social Blogging? Jadi, Kompasiana itu memberikankesempatan kepada masyarakat yang hobi nulis untuk mempublikasikan tulisanmereka kepada orang lain. Mungkin banyak yang bertanya “kenapa sih tulisanku pembacanya sedikit?” Nah, di Kompasianatemen-temen Blogger enggak perlu takut. Di sini Kompasiana punya index di homemereka. Itu akan membantu pembaca menunjukkan kalau ini loh posting-an terbaru.Kalaupun juga udah kelewatan dari index, Kompasiana juga akan meletakkan Postingankalian di kolom Highlight. Jangan bilang kalau anda sekarang lagi lompat-lompatdi atas kasur, atau joget nggak karuan di depan gadjet anda.

Maksud Kompasiana itu adalah menampilkan bahwa “ini loh karya tulis orang yang hobi nuliswalaupun bukan orang ternama, ini loh CitizenJurnalism. Mungkin kalian bingung dengan istilah Citizen Jurnalism? Sama,saya juga bingung. Hehee… Tapi saya berpendapat kalau maksud dari istilahtersebut adalah berita si masyarakat. Mungkin ada juga yang berpendapat beritadari masyarakat. Tapi itu semua terserah sama kalian. Yang jelas saya sudahmemaparkan apa sih Kompasiana? Kompasiana itu adalah Citizen Jurnallism. Terus, CitizenJurnalism itu apa? Ini contohnya, Kompasiana.

Yang saya tangkap dari penjelasan Mas Iskandar, di dalam Citizen Jurnalism itu kegiatannya bukanhanya nulis. Berkomentar juga CitizenJurnalism. Bahkan kita yang hanya sekedar membacapun juga di sebut Citizen Jurnalism. Namun yang kali inisaya bahas dan juga yang di bahas mas Iskandar adalah, kita sebagai blogger di Citizen Jurnalism. Mari kita kupastuntas.

Mas Iskarndar Zulkarnaen menjelaskan kegiatan Blogger itumenulis, blogwalking sambil komentar, berinteraksi dengan pembaca dan jugamempromosikan diri.

  Menulis, tulisan kita harus di perhatikan. Tidaksembarangan. Dan jugatulisan kita yang memiliki kualitas. Karena tulisan itumenggambarkan diri kita. Yakin deh, si pembaca akan tahu anda hanya lewattulisan anda.

  Penulis itu gak harus konsen dengan apa yang diatulis. Penulis bisa blogwalking ke blog tetangga, berkomentar. Berinteraksi denganblogger lain. Namun anda juga harus memperhatikan komentar anda. Apakahkomentar anda bermanfaat bagi penulis atau pembaca lain?

  Berinteraksi dengan pembaca, maksudnya adalahapakah tulisan anda bisa di tangkap dengan gampang oleh pembaca? Jangan berfikirbahwa tulisan anda terbaik, apakah pembaca menilainya begitu? Jadi, usahakantulisan anda enak untuk di baca oleh pembaca. Terkecuali postingan anda hanyauntuk anda sendiri.

  Yang terakhir promosi diri. Saya yakin semuasudah mempromosikan diri, mungkin blog yang anda kelola udah anda subscript ke akun facebook anda atau akun twitteranda. Dan cara itu memang cara yang baik. Bahkan mungkin anda sudah mempromokanblog anda saat anda berkomentar di posting-an blog teman anda. Ingat Yangkedua, komentar harus bermanfaat.

Untuk sesi kali ini hanya ini yang akan saya posting.Mungkin karena mala mini saya sangat capek karena seharian berada di HotelPacific demi sebuah event yang saya tunggu. Di postingan berikutnya saya akanmembahas ulasan ringkas saya tentang “KIATMENULIS CEPAT DAN MENARIK” yang di sampaikan Om Pepih Nugraha. Dan Juga “TIPS KHUSUS BAGI NOVELIS” yang sayabahas empat mata sama Om Pepih berserta diskusi dan beberapa pertanyaan yangsaya lemparkan ke beliau.

Terimakasih teman-teman Blogger yang meluangkan waktunyauntuk membaca postingan saya kali ini.

  1. September 25, 2011 pukul 3:17 AM

    wah rugi ngga ikut berarti kemarin saya

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: